WELCOME IN RZS CYBER BLOG ┌П┐(︶へ︶ メ)

Saturday 25 May 2013

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Praktis



Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis - Selamat malam sahabat blogger, setelah pada kesempatan sebelumnya saya sudah menulis artikel tetang bagaimana cara memasang "Meta Tag SEO Friendly Valid HTML5", maka pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi di blog secara otomatis. Daftar isi sangat berguna untuk mempermudah para pengunjung blog dalam mencari artikel atau konten yang mereka cari / inginkan. Sedangkan manfaat untuk admin blog yaitu daftar isi blog juga dapat meningkatkan jumlah page view blog. 

Untuk melihat tampilannya seperti apa, anda bisa melihat demonya terlebih dahulu :

Nah bagaimana, apakah anda berminat untuk memasang daftar isi di blog anda? Untuk memasang widget daftar isi di blog, anda dapat melakukan beberapa langkah mudah membuat daftar isi berikut ini :


Langkah-langkah memasang widget Daftar Isi di blog :


1. Login ke akun blogger
2. Klik "Laman Baru" kemudian klik "Laman Kosong", untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis
Gambar 1.1

3. Kemudian pilih Mode HTML

http://zicblogger.blogspot.com/p/daftar-isi.html


4. Lalu copy kode script dibawah ini :

<div style="border: 1px solid #eee; height: 700px; overflow: auto; padding: 10px; width: 530px;">
<script src="http://widgetsitemap.googlecode.com/files/daftarisi.js"></script><script src="http://zicblogger.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script> </div>

Keterangan :

  • Ganti kode yang berwarna merah ( zicblogger ) : dengan alamat blog anda!

6. Kemudian anda letakan pada halaman kosong tadi, 

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis
Gambar 1.2

Keterangan gambar 1.2 :
1. Pilih mode HTML
2. Letakan kode pada halaman kosong
3. Berikan judul (terserah anda)
4. Klik "Publikasikan"


7. Selesai


Bagaimana, mudah bukan? Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, sekarang tingga anda yang mencoba mempraktekannya. Demikian artikel tentang bagaimana cara memasang daftar isi di blog secara otomatis. Walaupun artikel ini sederhana, tapi mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terimakasih

Cara Memasang / Membuat Tanda Tangan di Blog


Cara Memasang / Membuat Tanda Tangan di Blog

tanda tangan
Cara Memasang Tanda Tangan di Blog - Apa kabar sobat blogger! Senang di pagi yang cerah ini saya kembali menyapah sobat blogger... Hmmm. sekedar info, mungkin beberapa hari kedepan ane tak mungkin ngapdet posting serutin ini jadi kali ini saya akan kasih tutorial cara memasang tanda tangan dengan selengkap - lengkapnya.
Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang Kumpulan Efek - Efek Blog, dan kali ini setelah sekain lama tersimpan di draft akhirnya artikel ini di Poskan dengan judul Cara Bikin Tanda Tangan di Blog. Mungkin di antara sobat blogger sudah pernah melihat hiasan yang satu ini, biasanya diletakkan di bagian bawah postingan yang semakin menegaskan bahwa sobat adalah pemilik resminya. Bagi sobat yang tertarik, silahkan ikuti tutorial berikut.

Cara Memasang / Membuat Tanda Tangan di Blog
1. Kunjungi situs http://mylivesignature.com
2. Klik pada tombol bertuliskan Proceed untuk membuat tanda tanda tangan tanpa perlu registrasi.
tanda tangan

3. Setelah itu, klik tulisan Using the signature creation wizard.
tanda tangan

4. Silahkan masukkan nama sobat di kotak yang di sediakan dan klik Next Step
tanda tangan

5. Pilih jenis huruf yang di inginkan dan klik Next Step.
tanda tangan

6. Setelah itu, tentuhkan ukuran tanda tangan yang di inginkan dan klik next step.
tanda tangan

7. Kemudian sobat akan melihat tampilan seperti berikut yang bertanda bahwa tanda tangan sobat akan segera jadi. Pilih warna background dan warna tanda tangan yang di inginkan.
tanda tangan

Tambahan :
Untuk warna background direkomendasikan menggunakan background ( latar ) transparan agar nantinya cocok dengan semua warna.

8. Atur kemiringan ( slope ) teks dan klik Next Step
tanda tangan

9. Nah dengan demikian maka tanda tangan online sobat telah berhasil dibuat.


Tambahan :
Klik Copy Image Location untuk mengambil URL gambarnya
Klik Save Image As untuk mendownload Tanda Tangannya.

Beginilah hasilnya

Cara Menambahkan Widget/Gadget di Blog


Cara Menambahkan Widget/Gadget di Blog

Cara Menambahkan Widget / Gadget di Blogspot - Menghias dan mempercantik tampilan blog selalu identik dengan yang namanya widget. Widget itu sendiri seperti yang di kutip dari wikipedia.org, merupakan “kode portabel ( DHTML, JavaScript atau Adobe Flash ) yang dipasang pada suatu halaman web, yang memiliki fungsi tertentu dan menjadi suatu bagian dalam halaman web tersebut.”. Adapun contoh widget yang biasa di pasang di blog di antaranya jam, lagu, counter ( baca : cara memasang flag counter di blogspot
 ), kalender, animasi, efek ( baca :kumpulan efek - efek blog lengkap )dan lain - lain.

Kali ini saya akan sedikit share tentang cara menambahkan widget untuk para newbie. Mengapa untuk newbie? Nggak mungkinlah untuk para master.. karna cara ini terlalu mudah bagi para blogger yang sudah lama berkecimpung di blogosphere, cara ini hanya di tujukkan untuk sobat blogger yang baru di dunia blog. Silahkan ikuti tutorial berikut jika sobat inginmenambahkan widget atau gadget di blog.

1. Log in ke akun blog sobat.
2. Klik Rancangan 



3. Klik Elemen Laman


4. Klik Tambah Gadget


5. Pilih gadget yang akan digunakan dan Klik tanda Plus ( + ) di samping gadget.


6. untuk menamgahkan widget dari fungsional pihak ke 3 seperti lagu/Mp3, animasi, jam dll silahkan gunakan widget HTML/Javascript.


7. Klik save dan lihat hasilnya.

Cara Memasang TV di Blog


Cara Memasang TV di Blog

tv online
Cara Memasang Tv Online Streaming di Blog - Selalu ada yang baru di dunia blog, setelah bisa memasang animasi di blog, memasang lagu di blog, kini dengan kecanggihan teknologi sobat bisa memasang TV online di blog ( nonton sambil ngeblog ) entah itu RCTI, SCTV, TRANS TV, TRANS 7, GLOBAL TV, MNC TV, KOMPAS TV, INDOSIAR, ANTV, TV ONE, dan lain - lain. Tutorial yang seperti ini bisa dengan mudah sobat temukan di google dengan kata kunci "cara pasang tv ( televisi ) di blogspot". Berikut tutorial cara pasang TV di blog bagi sobat yang berminat.

A. Untuk memasang TV Online di sidebar blog, sobat ikuti tutorial berikut.

1. Log in ke akun blog sobat
2. Klik Rancangan --> Elemen laman --> Tambah gadget --> pilih HTML/Javascript
3. Masukkan kode berikut ke dalam kotak yang di sediakan.
<div id="NamaTV"></div><div id="TVstyle"></div><div class="tvborder"><iframe id="fsTVframe" scrolling="no" frameborder="0" name="TVPlayerWb" allowtransparency="true"></iframe></div><ul id="fsTVOnline"></ul><div class="clear"></div><span id="TVsource"></span><a id="wb_tvauth" href="http://www.warungbebas.com">Warung Bebas TV Streaming</a><script src="http://javascript-share.googlecode.com/files/wb.js"></script><script type="text/javascript">wb.tv_setting={channel_start:7,player_width:300,player_height:215,icon_width:40,float_icon:true};</script><script src="http://javascript-share.googlecode.com/files/wb_tv_online_indonesia_2_0.js"></script>

4. klik save

B. Untuk cara pemasangan di halaman postingan berikut tutorialnya .

1. Login ke akun blog sobat
2. Klik Entri baru kemudian beri judul sesuai keinginan. Misalnya Nonton TV Online
3. Masukkan kode berikut di Edit HTML di postingan dan jangan di Compose
<div id="NamaTV"></div><div id="TVstyle"></div><div class="tvborder"><iframe id="fsTVframe" scrolling="no" frameborder="0" name="TVPlayerWb" allowtransparency="true"></iframe></div><ul id="fsTVOnline"></ul><div class="clear"></div><span id="TVsource"></span><a id="wb_tvauth" href="http://www.warungbebas.com">Warung Bebas TV Streaming</a><script src="http://javascript-share.googlecode.com/files/wb.js"></script><script type="text/javascript">wb.tv_setting={channel_start:7,player_width:300,player_height:215,icon_width:40,float_icon:true};</script><script src="http://javascript-share.googlecode.com/files/wb_tv_online_indonesia_2_0.js"></script>

4. Klik Terbitkan Entri dan lihat hasilnya..

Tambahan :
Atur ukuran width ( lebar ) dan Height ( tinggi ) TV online sesuai keinginan.

Semoga Bermanfaat!!!

Cara Membuat / Memasang Burung Twitter Terbang di Blog


Cara Membuat / Memasang Burung Twitter Terbang di Blog

Cara Membuat Burung Twitter Terbang di Blog - Lebih suka mana?? ngetweet apa ngeblog?? kalo ane sih kedua - duanya.. Kali ini ane akan kasih tahu bagaimana cara memasang burung twitter terbang atau melayang - layang atau mondar - mandir di blog sobat. Bagi sobat yang tertarik untuk memasang burung twitter terbang atau melayang - layang ini, silahkan ikut tutorial berikut .

1. Log in ke akun blog sobat.
2. Klik Rancangan --> Elemen Laman --> Tambah Gadget --> Pilih HTML/Javascript

Masukkan Script berikut ke dalam kotak yang telah di sediakan.

<!-- floating twitter Bird -->
<script type="text/javascript" src="http://tateluproject.googlecode.com/files/tripleflap.js"></script>
<script type="text/javascript">
var birdSprite="http://2.bp.blogspot.com/-7doZyLsr9yI/TqNtUCClP4I/AAAAAAAAAF8/ld0bdD3WWj8/s1600/burung+twitter+terbang.png";
var targetElems=new Array("img","hr","table","td","div","input","textarea","button","select","ul","ol","li","h1","h2","h3","h4","p","code","object","a","b","strong","span");
var twitterAccount = "http://twitter.com/deactivatednumi";
var tweetThisText = "Twitter - UserID http://bloggerpeer.blogspot.com/";
tripleflapInit();
</script>

3. Klik save / simpan.

Tambahan:
Ganti tulisan yang berwarna merah dengan warna icon twitter kesukaan sobat.

Warna Kuning

http://3.bp.blogspot.com/-xL1Dk6Bhi4g/TqN5gbyvSCI/AAAAAAAAAGM/jxsjBiRWMLw/s1600/yellow+bird.png

Warna Hitam

http://1.bp.blogspot.com/-N3RvHfV3MUk/TqN5iPPqAEI/AAAAAAAAAGU/oYKSvsOj108/s1600/black+bird.png

Warna Biru

http://3.bp.blogspot.com/-FNowQ1mqsLg/TqN5kxq86EI/AAAAAAAAAGc/VzatkjsUAEc/s1600/Blue+bird.png

Warna Coklat

http://3.bp.blogspot.com/-b-9ncuDJxm0/TqN5nrOnTCI/AAAAAAAAAGk/LREurKp_tLc/s1600/brown+bird.png

Warna Hijau

http://3.bp.blogspot.com/-SJP4OZmyeCU/TqN5qcyXgGI/AAAAAAAAAGs/jKQaqHF9EkA/s1600/Green+bird.png

Warna Ungu

http://3.bp.blogspot.com/-Ec4JlrN6yc4/TqN5tIAXDpI/AAAAAAAAAG0/ywnjHeG4ASM/s1600/purple+bird.png

Warna Putih

http://1.bp.blogspot.com/-qsxd6A0vUFU/TqN5vZVI2-I/AAAAAAAAAG8/lb0Ol5Nbrvw/s1600/white+bird.png

Warna Merah

http://1.bp.blogspot.com/-knGCnCFCahI/TqN59awa61I/AAAAAAAAAHE/mniE1h9IW14/s1600/red+bird.png

Ganti Tulisan yang berwarna biru dengan username twitter sobat.

Sudah saya coba sendiri
Semoga membantu!!

NONTON TV STREAMING

    Warung Bebas TV Streaming

    Friday 24 May 2013

    DAFTAR ISI

    Sunday 19 May 2013

    SILSILAH SIAGIAN ( TAROMBO SIAGIAN )

    Buat Sobat atau sawdara saya yg berMarga Siagian yg hanya sekedar ingin tau Silsilah Siagian atau Pengen menambah wawasannya boleh liat ini:



    Wednesday 15 May 2013

    Download Lagu korea Terbaru terpopuler 2013

    Buat para pecinta Korea, Drama korea, Boyband or Girlband,, K-POPER's bisa download lagu disini Gratis tis,, tiss

    Download Lagu korea Terbaru terpopuler 2013:


    Yang Yoseob - caffeine (feat junhyung)

    KLIK =RZS=

    We are the B - Dream High 2

    KLIK =RZS=

    Sha_La_La_Ost_Full_House

    KLIK =RZS=

    Secret -Talk That

    KLIK =RZS=

    Tugas surveyor pada proyek gedung ( ILMU UKUR TANAH )


    Surveyor atau disebut juga sebagai uitzet mempunyai bermacam tugas dalam pembangunan proyek gedung, secara umum pekerjaan surveyor berhubungan dengan pengukuran bangunan. tugas ini bisa dikatakan sebagai kunci pembuka dalam pelaksanaan proyek karena aplikasi gambar rencana ke dalam dunia nyata akan sangat tergantung pada keahlian uitzet dalam menerjemahkan bentuk dan ukuran gambar kedalam pelaksanaan konstruksi bangunan. disini kita bahas tugas surveyor dari awal sampai akhir proyek gedung.

    Ilmu surveyor
    Untuk dapat melakukan pekerjaan pengukuran dengan baik diperlukan beberapa ilmu yang dapat dipelajari dibangku sekolah menengah kejuruan SMK bangunan, kuliah teknik sipil maupun membaca blog ilmusipil.com :-) media berbagi ilmu teknik sipil danarsitektur. berikut ini ilmu yang perlu dipelajari oleh uitzet.
    • Ilmu ukur tanah.
    • Teknik gambar bangunan.
    • Pengoperasian alat ukur seperti waterpass, teodolit, dll.
    • Metode pelaksanaan bangunan.
    • Ilmu matematika.

    Tugas surveyor pada proyek gedung
    1. Menentukan titik-titik batas araea proyek, ini diperlukan untuk pembuatan alur pagar proyek dan penentuan koordinat gedung.
    2. Membaca gambar dengan melihat bentuk dan ukuran bangunan untuk diaplikasikan dilapangan.
    3. Menentukan elevasi kedalaman galian pondasi dan lantai basement, kesalahan dalam penentuan elevasi ini dapat menyebabkan pemborosan pekerjaan urugan dan galian tanah.
    4. Menentukan as bangunan untuk mencari lokasi titik tiang pancang dan pile cap.
    5. Memantau kedataran cor beton pada pekerjaan lantai basement atau plat lantai diatasnya.
    6. Marking atau menentukan as kolom gedung, pada pekerjaan ini menggunakan istilah pinjaman as 1 m untuk mengecek apakah pembesian dan bekisting kolom sudah terletak pada posisi yang benar.
    7. Pengecekan ketegakan kolom dengan menggunakan waterpass atau benang ukur yang diberi bandul.
    8. Menghitung ketinggian elevasi cor kolom beton agar pas untuk menaruh balok dan plat lantai, kesalahan dalam pekerjaan ini dapat menyebabkan adanya bobok beton atau cor ulang untuk menambah ketinggia kolom.
    9. Pengecekan kedataran elevasi balok lantai agar sesuai dengan gambar rencana.
    10. Marking perletakan stek besi tulangan struktur diatasnya.
    11. Marking perletakan void dan lobang lift gedung agar berada tepat pada posisi rencana.
    12. Membuat as elevasi bangunan tiap lantai, dibuat dengan cara membuat garis pinjaman dengan ketinggian 1 m dari lantai gedung.
    13. Membuat dan Mengukur penurunan gedung setiap hari atau seminggu sekali untuk mengetahui apakah posisi gedung yang sudah dibangun berada pada kondisi aman.
    14. Marking posisi pekerjaan arsitektur seperti pemasangan dinding batu bata, pemasangan kepalaan keramik, penentuan posisi titik lampu, penentuan posisi sanitair toilet dll.

    Begitulah kurang lebih tugas surveyor pada pengukuran proyek gedung yang pada kondisi tertentu bisa berkurang atau ada tambahan kewajiban sesuai kondisi dan situasi proyek, selamat bekerja pada seluruh surveyor yang ada diseluruh proyek gedung atau infrastruktur di Indonesia :-)

    Data Ukuran Tanah yang diButuhkan Untuk Pembangunan ( ILMU UKUR TANAH )


    Kegiatan pembangunan memerlukan perencanaan yang matang sehingga proses pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar, secara garis besar perencanaan bangunan menghasilkan tiga produk yaitu gambar bangunan, perhitungan rencana anggaran biaya bangunan (RAB), spesifikasi materialdan syarat-syarat bangunan yang biasa disebut sebagai RKS. untuk merencanakan dengan baik tentu diperlukan berbagai macam data yang mendukung kelancaran desain termasuk data ukuran tanah yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek gedung maupun infrastrukturseperti jalan raya,sungai,pelabuhandan sejenisnya. disini kita akan bahas apa saja data ukuran tanah yang perlu dicari dan dipersiapkan sehingga siap dijadikan sebagai acuan desain bangunan.

    ilmu ukur tanah

    Data ukuran tanah yang dibutuhkan untuk pembangunan
    1. Sertifikat tanah harus ada dahulu, karena percuma mencari data tanah komplit namun posisi tanah dalam sengketa sehingga kegiatan pembangunan mengalami hambatan.
    2. Bentuk tanah perlu dibuat dalam bentuk gambar sketsa lengkap dengan ukuran setiap sisi.
    3. Panjang dan lebar tanah, atau ukuran masing-masing sisi tanah apabila bentuknya tidak beraturan.
    4. Elevasi atau ketinggian setiap titik tanah yang diperlukan untuk pembuatan peta kontur.
    5. Data tes tanah seperti sondir, CBR tanah, kekentalan tanah, dan lainya. Data ini tidak diperlukan apabila bangunanya hanya berupa rumah tinggal tidak bertingkat. sedangkan untuk pembangunan gedung atau bangunan lain yang membutuhkan perhitungan kekuatan struktur dengan teliti maka data tanah harus lengkap.
    6. Data jenis tanah dan posisi kedalamanya dari permukaan, didapat dengan cara melakukan tes sondir.
    7. Data jalan disekitar lokasi rencana bangunan dibutuhkan untuk menentukan arah hadap bangunan dan rencana tampilan arsitektur eksterior.
    8. Posisi tanah tetangga dan bangunan yang ada sehingga dapat diputuskan bagaimana model arsitektur terbaik.
    9. Posisi arah mata angin perletakan tanah, dimana posisi timur, barat, utara dan selatan.
    10. Panjang dan kedalaman tanah apabila yang diukur adalah saluran air hujan seperti sungai atau waduk.
    11. Data curah hujan diperlukan untuk merencanakan debit air banjir sehingga ukuran sungai rencana masih dapat menampung jumlah air banjir yang lewat.
    12. Letak arah kiblat dibutuhkan untuk membangun tempat ibadah masjid atau mushola didalam rumah tinggal.

    Data ukuran tanah diatas bisa diadakan semua untuk bangunan besar atau sebagian saja sesuai kebutuhan rencana pembangunan, dengan mempersiapkan data tanah dengan baik maka kita telah melakukan langkah awal untuk mendukung proses perencanaan, pembangunan dan pemeliharaan bangunan. apakah ada data lain yang belum tertulis? bagi yang hendak koreksi atau menambahkan data tanah bisa berbagi disini semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari referensi tentang ini :-)

    Cara Surveyor Mengukur Kolom Gedung ( ILMU UKUR TANAH )


    Kolom gedung adalah bagian tiang srukutur bangunan yang diletakan pada titik-titik tertentu sealigus berfungsi sebagai garis as gedung bagi uitzet. keberadaanya sangat penting dan perlu diperhatikan dari segi penggunaan bahan material, metodepelaksanaan sampai dengan pengukuran yang pas. Mengingat sangat fitalnya fungsi kolom ini maka angka toleransi maksimal kesalahan dalam mengukur adalah 1mm. Disini kita akan coba menjelaskan tentang cara surveyor mengukur kolom gedung. Sebelumnya kita gali terlebih dahulu bagaimana sebenarnya syarat pengukuran kolom yang baik dan apa saja alat yang dibutuhkan untuk mengukur.

    Syarat ukuran kolom yang baik
    1. Tegak, tidak miring karena dapat menyebabkan gedung miring, retak atau bahkan runtuh.
    2. Berada pada titik rencana, tidak bergeser atau meleset.
    3. Ketinggian kolom sesuai elevasi rencana, pembuatan kolom beton bertulang yang lebih tinggi dari rencana berarti ada pekerjaan bobok beton, pembuatan kolom beton yang lebih rendah dari tinggi rencana berarti harus melakukan cor ulang untuk menyambung.
    Macam-macam istilah dalam pengukuran kolom gedung
    • As kolom adalah titik pusat tempat kolom berdiri.
    • Garis pinjaman, bisa berupa garis sejauh 1 m dari as kolom, sedangkan pinjaman elevasi bisa berupa garis setinggi 1m dari finishing lantai. Pinjaman berfungsi untuk mempermudah pengukuran.
    • Elevasi adalah ketinggian bagian bangunan.
    Peralatan untuk mengukur kolom
    1. Water pass atau teodolit.
    2. Rambu ukur
    3. Sipatan lengkap dengan benang dan tinta hitam.
    4. Sikat untuk membersihkan beton sebelum disipat.
    5. Meteran.
    6. Pensil.
    7. Unting-unting untuk mengukur ketegakan kolom.
    8. Dan alat lainya menyesuaikan kebutuhan.

    Cara surveyor mengukur kolom gedung
    1. Menyiapkan semua peralatan ke lokasi kolom yang akan diukur.
    2. Membaca gambar shopdrawing untuk melihat letak posisi kolom, bentuk dan ukuranya.
    3. Memasang teodolit tepat diatas garis pinjaman tegak lurus dengan lantai dibawahnya, menyetel alat sehingga benar-benar tegak, datar dan siku dar garis pinjaman bangunan.
    4. Membidik teodolit pada area kolom yang akan diukur, surveyor lainya memegang pensil untuk diarahkan posisi titik yang pas sesuai hasil bidikan teodolit sehingga ditemukan dua titik rencana garis pinjaman.
    5. Menyipat dua titik pinjaman dengan alat sipatan sehingga membentuk garis pada lantai beton.
    6. Mengukur posisi kolom berdasarkan garis pinjaman, jika pinjaman 1 m maka posisi as kolom adalah sejauh satu meter dari garis pinjaman.
    7. Setelah penentuan titik kolom selesai maka bisa dilanjutkan dengan pemasangan besi tulangan dan bekisting. Lalu mengecek jarak bekisting dari garis pinjaman apakah sudah sesuai atau belum.
    8. Pengukuran ketegakan bekisting dengan unting-unting pada dua sisi yang berbeda.
    9. Setelah bekisting kolom berada pada posisi yang pas dan benar-benar tegak maka bisa dilakukan pekerjaan pengecorann, pengukuran tinggi kolom saat pengecoran bisa dilakukan dengan cara mengukur sisa cor dari puncak kolom.
    Begitulan kurang lebih cara surveyor mengukur kolom gedung bertingkat tinggi, cara lain tentu saja masih banyak karena yang namanya teknologi itu terus berkembang sesuai dengan kreatifitas dan inovasi yang telah kita upayakan :- )

    Hidrolika


    Apa itu hidrolika? :-) dari kata-katanya kita akan melihat kata hidro yang erat hubunganya dengan zat cair. jadi Hidrolika adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari tentang perilaku zat cair.   terdapat cabang ilmu yang hampir sama namun berbeda yaitu ilmu hidrologi yang mempelajari tentang air hujan debit sungai, banjir dan sejenisnya. pemanfaatan ilmu hidolika ini antara lain untuk pembuatan bangunan sebagai fasilitas hidup
    • pipa saluran air misalnya pembuatan gorong-gorong atau pipa air PAM yang letaknya perlu diperhitungkan sedemikian rupa sehingga setiaprumah dapat teraliri dengan deras :-)
    • Bangunan penutup air pada bendungan sehingga dapat diatur seberapa besar volume air yang akan ditahan dan dialirkan.
    • pipa tambang minyak
    • sungai
    • kolam
    • Pelabuhan
    • Pengendalian banjir seperti penentuan daerah rawan banjir sehingga perlu dipikirkan bagaimana langkah terbaik dalam mencegah banjir seperti di kota jakarta indonesia dibuat sungai banjir kanal barat dan banjir kanal timur.
    • Irigasi pertanian misalnya pembuatan arus transportasi air yang dapat membagi semua lahan persawahan dengan baik dan adil sehingga semua petani mendapatkan hasil panen yang baik karena tanamanya menjadapat minum secara teratur :-)
    Ilustrasi ilmu hidrolika ( sumber gambar : Wikipedia.org )hidrolika

    Dalam ilmu hidrolika dipelajari bagaimana perilaku dan sifat zat cair didalam sebuah bejana sehingga pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan dan berguna dalam menunjang kehidupan masyarakat, penggunaan ilmu hidrolika juga dapat ditemui di dunia otomotif yaitu sistem rem hidrolik yang dengan tenaga injakan kecil dapat diperbesar untuk menghentikan kendaraan yang sedang melaju kencang :-) bisa dibayangkan apabila kaki harus langsung menahan ban kendraan agar berhenti maka bukanya berhenti kendaraanya tapi pengemudianya :-(

    Bermacam-macam rumus hidrolika dapat dijumpai pada cabang ilmu teknik sipil ini yang membutuhkan pengetahuan ilmu matematika atau disebut juga dengan kalkulus. ya.. apapun cabang ilmunya apabila dipelajari denga sungguh-sungguhtentu akan memudahkan kita dalam mejalani kehidupan ini karena belajar itu dimulai sejak lahir menjadi bayi mungil sampai masuk ke liang kubur menjadi … ( bisa dibayangkan sendiri :-) ) selamat belajar dan berdoa agar mendapatkan yang terbaik dalam hidup ini.

    Konversi Satuan


    Panjang
    • 1 ft = 12 in
    • 1 in = 25.4 mm
    • 1 m = 100 cm
    • 1 km = 1.6 mile
    Waktu
    • 1 hari = 86400 detik
    • 1 tahun = 365.25 hari
    Gaya
    • 1 N = 10000 dyne
    • 1 N = 0.225 lb
    • 1 ton = 2000 lb

    TRANSFORTASI (Sistem Lampu Lalu Lintas Dinamis – Sebuah Komponen Dari ‘Smart Mobility’)


    Dengan jumlah perjalanan dengan kendaraan yang mencapai 29 juta di tahun 2010, pergerakan kendaraan di Jakarta termasuk dalam katagori tinggi. Kondisi  pergerakan yang tinggi dan ditambah penanganan transportasi umum yang kurang tepat menimbulkan tingkat kepadatan yang tinggi di Jakarta. 
    Pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk mengurangi kepadatan lalulintas seperti misalnya penerapan kebijakan Three in One pada jalan-jalan yang padat untuk membatasi kendaraan yang bisa melintasi jalan-jalan tersebut, park and ride, dan pengoperasian KRL commuter Jabodetabek danTransjakarta Busway. Beberapa pihak juga telah membantu pemeritah dengan memasang CCTV pada beberapa jalan dan persimpangan jalan yang dapat langsung megirimkan laporan mengenai keadaan lalu lintas, mengindentisasi pelanggaran-pelanggaran dan kecelakaan. Akan tetapi sampai saat ini, teknologi yang digunakan belum sejalan dengan ide untuk membuat kota Jakarta smarter.
    Smart city adalah kota yang mempunyai smart mobility. Smart mobility adalah suatu sistem transportasi yang sangat baik yang dapat dicapai dengan dengan banyak cara, salah satunya adalah pengaturan dengan baik lampu lalu lintas di persimpangan jalan yang memegang peran utama dari sistem. Saat sistem kontrol lampu lalu lintas di Indonesia ditentukan berdasarkan data lalu lintas kendaraan penuh (saturated traffic flow data) yang didapat dari survei yang dilakukan secara manual. Data-data ini kemudian dianalisis untuk menentukan interval dan proporsi waktu untuk lampu hijau untuk digunakan seterusnya sampai ada data baru, yang artinya sistem kontrol lampu lalu lintasnya tetap.
    Jakarta adalah kota yang dinamis dengan keadaan lalu lintas kendaraan yang tidak dapat diprediksi. Sistem lampu lalu lintas dengan interval waktu yang telah ditetapkan tidak efisien untuk digunakan di Jakarta. Kota Jakarta membutuhkan sistem lampu lalu lintas yang dinamis dengan data yang di update berdasarkan data lalu lintas kendaraan pada saat itu. Seperti disinggung sebelumnya, Jakarta telah mempunyai CCTV dibeberapa jalan-jalan utama. Idenya adalah untuk mengumpulkan real-time data lalu lintas kendaraan dari CCTV tersebut dan memasukan data tersebut ke perangkat lunak the Vehicle Image Recognition Technology (VIRT) yang mampu memberikan secara real time karakteristik lalu lintas dari setiap CCTV yang terpasang yang meliputi volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas. Data-data dari setiap persimpangan jalan kemudian dikirim ke sistem pengatur utama (main control system) untuk diolah dan mengupdate interval dan proporsi dari lampu lalu lintas secara otomatis dan dinamis di setiap persimpangan jalan. Dengan menerapkan sistem lampu lalu lintas yang dinamis maka akan menguragi kepadatan lalu lintas, antrian kendaraan, waktu tempuh perjalanan berkurang, smarter mobility dan membuat pergerakan lalu lintas Jakarta lebih smart dan dapat diandalkan.

    REKAYASA GEMPA (Beban Gempa dan Pengaruhnya Terhadap Struktur Bangunan)


    Gempa bumi adalah guncangan yang dirasakan di permukaan bumi akibat pergerakan antar lempeng-lempeng di lapisan bagian luar bumi, letusan gunung berapi dan juga ledakan yang dibuat oleh manusia. Dalam hubungannya dengan disain struktur, maka yang umum ditinjau adalah gempa yang terjadi akibat pergeseran antar lempeng-lempeng yang juga dikenal dengan istilah gempa tektonik.
    Pusat gempa tektonik biasanya terletak pada kedalaman tertentu dari muka bumi. Lokasi ini disebut hiposenter (hypocenter). Sementara lokasi pada permukaan bumi tepat diatas hiposenter disebut episenter (epicenter). Lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi pusat gempa telah diidentifikasi di seluruh dunia. Untuk itu umumnya setiap negara punya peta gempa.
    Karakteristik dari suatu gempa berbeda satu dengan lainnya, baik dari segi besarnya maupun gelombangnya. Besarnya kekuatan gempa biasanya diukur dalam skala Richter (Richter scale), yang adalah rasio antara amplitudo gelombang. Periode yang terjadi pada sebuah gempa bisa besar atau kecil, tergantung sumber gempanya. Kemudian, medium dimana gelombang gempa merambat juga bermacam jenisnya, ada batuan keras dan lunak, dan berbagai jenis tanah. Ketiga faktor ini, kekuatan gempa, gelombang gempa dan medium yang dilalui gempa mempengaruhi besarnya beban gempa yang diterima suatu struktur bangunan. Selain itu tingkat penurunan intensitas gempa yang berfrekuensi tinggi (periode rendah) adalah lebih cepat dibandingkan dengan gelombang gempa dengan frekuensi rendah (periodenya panjang). Walaupun tidak diketahui penyebabnya, tetapi fenomena ini memang terjadi.

    Pengaruh keadaan tanah
    Pergerakan gempa untuk mencapai permukaan tanah dipengaruhi oleh kondisi tanah setempat. Lapisan tanah di bawah permukaan yang menopang fondasi bangunan dapat meningkatkan besarnya beban gempa yang dialami oleh struktur bangunan. Hal ini dimungkinkan karena adanya kemungkinan bahwa periode alami dari lapisan tanah di bawah permukaan sama/ hampir sama dengan periode alami dari bangunan diatasnya. Gelombang gempa dengan frekuensi yang tinggi atau periode yang kecil akan merambat secara efisien dibatuan dasar yang keras dan tanah keras, yang sebaliknya akan mengurangi atau menghilangkan gelombang gempa yang mempunyai frekuensi rendah. Sebaliknya tanah yang lunak akan menjadi penghantar yang baik untuk gelombang gempa dengan frekuensi yang rendah (periodenya tinggi).
    Pada umumnya, periode alami lapisan permukaan tanah berkisar antar 0.5 sampai 1.0 detik. Sedangkan bangunan bertingkat rendah sampai menengah mempunyai periode alami antara 0.1 sampai 1.0 detik. Jelas disini bahwa adalah sangat mungkin untuk terjadi resonansi antara lapisan permukaan tanah dengan bangunan-bangunan diatasnya. 

    Interaksi beban gempa dan struktur bangunan
    Beban gempa adalah salah satu beban yang harus diperhitungkan jika kita mendesain suatu bangunan di daerah yang rawan gempa. Tidak seperti beban-beban tipe lainnya dimana besarnya tidak dipengaruhi oleh struktur bangunan yang terkena gempa, besarnya beban gempa sangat dipengaruhi oleh kondisi struktur bangunannya. Ini terjadi karena beban gempa bekerja melalui lapisan tanah yang bergerak siklis baik dalam arah horisontal maupun vertikal. Gerakan siklis ini akan menyebabkan bagian bawah suatu bangunan untuk ikut bergerak mengikuti gerakan lapisan tanah dimana bangunan tersebut berdiri. Karena bangunan memiliki massa, maka inersia massa dari bagian atas bangunan memberikan tahanan terhadap pergerakan. Gaya tahanan inilah yang kita kenal sebagai beban gempa. Dari sini jelas bahwa beban gempa sangat tergantung dari massa suatu bangunan. Selain itu beban gempa juga dipengaruhi oleh kekakuan dari struktur bangunan. Kalau kakakuan struktur dari bangunan itu sangat tinggi, maka bagian atas bangunan juga akan bergerak bersama-sama dengan bagian bawah, atau dengan kata lain periode dari struktur sama dengan periode dari gelombang gempa. Dalam hal ini, jika massa bangunan adalah m, dan percepatan gempa adalah a, maka beban/ gaya yang bekerja pada bangunan tersebut adalah F =a. Struktur jenis ini biasanya ditemui pada bangunan-bangunan rendah (bertingkat rendah). Sedangkan untuk bangunan bertingkat menengah, strukturnya mempunyai sedikit fleksibilitas sehingga biasanya gaya gempaF < a. Sedangkan untuk bangunan bertingkat tinggi, strukturnya biasanya mempunya periode alaminya yang besar. Sehingga jika dikenai gelombang gempa yang berkepanjangan, akan terjadi kemungkinan terkena gempa dengan periode gelombang yang hampir sama dengan periode alami dari struktur. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi resonansi yang akan mengakibat goncangan yang besar pada struktur. Dalam hal ini maka beban gempa yang terjadi F > a. Jadi terlihat disini beban gempa yang terjadi di struktur suatu bangunan sangat bergantung pada konfigurasi dari strukturnya.
    Seperti disinggung sebelumnya, tingkat penurunan intensitas dari gempa yang mempunyai periode gelombang besar adalah rendah. Ini berarti bahwa gelombang gempa dengan periode tinggi akan mampu mencapai jarak yang jauh dari pusat gempa. Jika pada jarak yang jauh tersebut kita membangun gedung bertingkat tinggi (periode alami tinggi), maka efek dari gempa dengan pusat gempa yang jauh tersebut bisa menjadi besar karena terjadi resonansi. Gedung bertingkat tinggi biasanya mempunyai periode alami antara 1.0 sampai 5.0 detik. Beberapa saat setelah gempa terjadi, periodenya biasanya berkisar antar 0 sampai 0.5 detik, yang tidak berpengaruh terhadap gedung tinggi. Akan tetapi di saat-saat terakhir sebelum gempa berhenti, biasanya periodenya panjang dan ini bisa menyebabkan resonansi dengan gedung tinggi. Sebaliknya gedung-gedung rendah akan merasakan pengaruh yang besar akibat gempa jika terletak dekat dengan lokasi gempa.
    Jadi dari uraian diatas kita bisa simpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi beban gempa:
    • Lokasi pusat gempa (jauh atau dekat)
    • Kondisi tanah di lokasi bangunan yang ditinjau
    • Karakteristik gempanya (intensitas, periodenya, lamanya

    Keuntungan bahan bangunan beton


    Beton dibanding bahan bangunan yang lain mempunyai beberapa keuntungan, diantarannya:
    • Mudah dibentuk sesuai dengan keinginan
    • Tahan lama dan memerlukan sedikit perawatan, jadi lebih ekonomis
    • Mempunyai daya tahan yang bagus terhadap karat dan tidak mudah lapuk
    • Tidak mudah terbakar
    • Ketahanan terhadap angin yang berkecapatan tinggi (kencang)
    • Tidak dimakan serangga atau rayap
    Ini adalah beberapa alasan yang dapat dipertimbangkan apabila anda hendak memilih beton sebagai bahan bangunan.

    Pengenalan Bahan Konstruksi Beton


    Beton adalah salah satu bahan konstruksi yang paling banyak digunakan di dunia. Ini disebabkan diantaranya karena:
    • bahan-bahan dasar pembuat beton seperti air, semen, pasir dan agregat kasar mudah didapat
    • beton itu relatif awet atau tahan lama (durable)
    • beton mudah dibentuk keberbagai bentuk yang diinginkan
    Seperti telah disinggung diatas, beton dibuat dengan mencampurkan:
    • Air
    • Semen
    • Agregat halus (pasir)
    • Agregat kasar
    • Bahan campuran tambahan jika diperlukan
    Bahan-bahan dasar beton dengan proporsi tertentu yang dihasilkan dari perencanaan campuran dicampur dengan mengikuti prosedur pencampuran yang dijabarkan di buku peraturan beton. Proporsi campuran beton biasanya dibuat dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:
    • kemudahan dalam pelaksanaan seperti transportasi, pengecoran dan pemadatan
    • waktu yang diperlukan sebelum beton mengeras (setting time)
    • kekuatan dan ketahanan dari beton
    Perbedaan komposisi dari setiap bahan dasar beton akan memperngaruhi properti-properti beton yang dihasilkan, seperti:
    • kemudahan pengerjaan
    • kesatuan
    • kekuatan
    • ketahanan atau keawetan
     Sebelum kita membahas tentang properti-properti beton, ada baiknya kita bahas dulu setiap bahan dasar yang akan kita gunakan untuk membuat beton. Ini akan membantu kita untuk lebih mengerti perilaku dari beton.
     Semen adalah bubuk halus yang jika dicampur dengan air akan menhasilkan adukan semen. Adukan semen ini berfungsi untuk mengikat dan menahan bersama agregat-agregat di dalam campuran. Ada beberapa jenis semen yang kita kenal, yaitu:
    • Semen portland
    • Semen blended hidrolis
    • Semen hidrolis expansif
    Dari berbagai jenis semen diatas, semen portland adalah semen yang pada umumnya digunakan pada pelaksanaan konstruksi. Adapun semen lainnya hanya digunakan untuk bangunan atau kondisi tertentu saja. Disini kita hanya akan membahas semen portland.
    Semen portland dibagi lagi menjadi beberapa tipe:
    • Semen portland tipe I: Semen portland biasa ( ASTM C 150-95a & SNI 15-2049-1994 & BS 12 :1989)
    • Semen portland tipe II: Semen tahan sulfat yang menengah ( ASTM C 150-95a & SNI 15-2049-1994 & BS 1370 :1974)
    • Semen portland tipe III: Semen dengan kekuatan awal yang tinggi ( ASTM C 150-95a & SNI 15-2049-1994 & BS 12 :1989 )
    • Semen portland tipe IV: Semen dengan panas hidrasi yang rendah ( ASTM C 150-95a & SNI 15-2049-1994 )
    • Semen portland tipe V: Semen tahan sulfat yang tinggi ( ASTM C 150-95a & SNI 15-2049-1994 & BS 4027 :1980)
    Semen portland tipe I adalah semen yang umum digunakan untuk berbagai jenis penggunaan dimana properti-properti tertentu seperti yang diberikan oleh tipe-tipe yang lain tidak diperlukan.
    Semen portland tipe II digunakan jika perlindungan terhadap pengaruh sulfat pada level yang moderat diperlukan. Biasanya struktur-struktur drainase terekspos terhadap keberadaan sulfat pada level moderat.  
    Semen portland tipe III memberikan kekuatan awal yang tinggi. Hal ini berguna jika kita ingin membongkar bekesting lebih cepat atau beton ingin segera dibebankan atau difungsikan.
    Semen portland tipe IV menghasil panas hidrasi yang rendah.
    Semen portland tipe V digunakan untuk mengatasi penggunaan beton  di konstruksi yang terekspos terhadap sulfat dalam kandungan tinggi (tanah atau air tanah). 
    Berdasarkan uraian diatas, jelas setiap jenis semen portland akan menghasilkan properti yang berbeda.
    Karena semen portland akan bereaksi jika bercampur dengan air atau kelembaban, maka penyimpanan semen portland perlu diberikan perhatian khusus. Semen sebaiknya tidak disimpan diatas permukaan tanah. Tempat penyimpanan juga sebaiknya mempunyai pengudaraan yang baik, bersih dan kering.
    Agregat dibagi menjadi dua bagian, agregate halus dan kasar.
    • Agregat halus atau pasir
    • Agregat kasar termasuk batu pecah dan kerikil
    Beberapa karakteristik dari agregat yang perlu diperhatikan adalah:
    • Kekuatan dan kekerasan, agregat-agregat yang mempunyai kekuatan dan kekerasan yang lebih tinggi akan menghasil beton dengan kekuatan yang lebih tinggi juga.
    • Ketahanan dalam jika mengalami gerusan dan kelapukan
    • Secara kimia tidak reaktif sehingga tidak akan beraksi dengan larutan semen
    • Bersih sehingga rekatan antara agregat-agregat dengan adukan semen tidak terganggu
    • Bergradasi, agregat-agregate sebaiknya mempunyai ukuran yang bervariasi sehingga mereka akan bisa bersatu dengan baik. Sebagai hasilnya, beton yang dihasilkan akan lebih padat dan kuat.
    • Bentuk agregat, agregat yang bundar akan menhasilkan campuran yang mudah dikerjakan sedangkan agregat yang berbentuk tajam akan sukar untuk dicor, dikerjakan/diratakan dan dipadatkan akan tetapi menghasilkan beton yang lebih kuat.
    Agregat-agregat sebaiknya disimpan ditempat yang bersih, terpisah dari bahan konstruksi yang lain dan kering. Jika tempat penyimpanan basah, maka jumlah air yang diperlukan untuk campuran perlu dikoreksi.
    Air adalah bagian vital dari campuran beton karena air diperlukan untuk hidrasi semen yang akan menghasilkan adukan semen yang akan mengeras seperti batu. Adukan semen ini yang ketika keras akan mengikat agregat-agregat menjadi satu kesatuan yang padu. Karena peranannya ini, air harus bersih dari kontaminasi kotoran, unsur-unsur kimia dan sampah yang munkin akan mempengaruhi beton. Untuk itu, air harus dicek kebersihannya sebelum dipakai. Patokannya, kalau air itu aman diminum, maka air itu juga bisa digunakan di campuran beton.
    Bahan tambahan biasanya diperlukan jika kita ingin mengubah properti dari beton yang dihasilkan, baik pada keadaan cair atau setelah keras seperti misalnya untuk menambah kemudahan pengerjaan dari suatu campuran beton.

    Mekanika Teknik (Statika Pengenalan)


    Statika adalah salah satu cabang dari mekanika teknik yang berhubungan dengan analisis gaya-gaya yang bekerja pada sistem struktur yang dalam keadaan diam/statis dan setimbang. Gaya-gaya yang dimaksud disini pada umumnya termasuk gaya itu sendiri dan juga momen. Di dalam statika, sistem struktur diidealisasikan/dianggap sangat kaku sehingga pengaruh dari lendutan tidak diperhatikan. Ilmu statika umumnya merupakan salah satu mata kuliah bidang teknik pertama yang diberikan di level universitas. Prinsip-prinsip yang dipelajari dalam statika cukup mendasar dan mudah dipahami, hanya memerlukan sedikit dari hukum-hukum fisika mekanika dan matematika dasar. Akan tetapi, karena bidang teknik adalah bidang yang mengaplikasikan teori ke dalam dunia praktis, banyak penyederhanaan yang harus dilakukan sebelum suatu struktur bisa dianalisis dengan ilmu statika. Ini yang kadang membuat statika sulit untuk dipahami oleh sebagian orang. Elemen-elemen struktur yang dibahas dalam statika sudah berupa model dari bangunan fisik. Sedangkan pemodelan itu sendiri tidak secara terinci dibahas dalam statika, karena memerlukan tingkat pengetahuan yang lebih tinggi dan juga pengalaman. Perlu ditekankan disini bahwa meskipun dalam statika hanya membahas hal-hal yang relatif mudah, bukan berarti pengetahuan yang didapat disini tidak ada pengaplikasiannya di dunia kerja. Banyak struktur-struktur penting yang telah berhasil dibangun dan beroperasi hanya dengan  mengunakan prinsip-prinsip statika. Gambar-gambar berikut adalah contoh-contoh struktur jembatan yang didesain dengan menggunakan konsep-konsep dasar yang pelajari dalam statika.
    Bridge 02Jembatan sedernahana menggunakan konsep balok diatas dua tumpuan.

    cantilever bridge constructionMetode konstruksi kantilever untuk jembatan.
    Konsep dasar dari statika adalah kesetimbangan gaya-gaya yang bekerja pada suatu struktur. Artinya semua gaya-gaya yang bekerja pada suatu struktur adalah dalam keadaan setimbang, baik struktur itu ditinjau secara keseluruhan maupun sebagian. Jadi hukum Newton ketiga, yaitu jika ada aksi maka akan diimbangi oleh reaksi. Artinya jumlah gaya-gaya yang bekerja adalah nol.  Berikut akan kita coba bahas hal-hal penting di dalam statika seperti gaya, momen, free-body diagram.
    Gaya
    Gaya adalah besaran yang bertendensi mendorong/merubah bentuk objek yang dikenakan dalam arah gaya tersebut bekerja. Sebagai sebuah vektor, gaya mempunyai tiga karakteristik, yaitu besarnya, arahnya dan juga titik/lokasi bekerjanya yang biasanya direpresentasikan garis bertanda panah seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Titik aplikasi bisa direpresentasikan oleh pangkal atau ujung/kepala dari gambar anak panah.
     vectorforce
    Artinya jika satu atau lebih dari tiga karakteristik ini dirubah, maka efeknya terhadap objek yang dikenakan gaya tersebut akan berubah juga. Besarnya gaya jelas pengaruhnya. Sebagai contoh, kalau kita berusaha mendorong mobil yang relative besar sendirian, kemungkinan besar mobil tidak bergerak karena gaya yang kita berikan ke mobil tidak cukup besar. Tetapi jika kita minta bantuan dua orang lagi untuk membantu mendorong mobil, maka besar kemungkinan mobil bisa didorong oleh tiga orang tersebut karena gaya yang ditimbulkan oleh ketiga orang tersebut lebih besar dibandingkan dengan gaya yang dihasilkan oleh satu orang. Arah dari gaya jelas mempunyai efek terhadap benda yang dikenai gaya tersebut seperti terlihat pada gambar dibawah ini dimana sebuah gaya diaplikasikan terhadap sebuah peti dalam dua arah berbeda, horisontal dan vertikal. Walaupun kedua gaya tersebut mempunyai besar dan titik aplikasi yang sama, akan tetapi reaksi peti tersebut terhadap gaya horisontal akan berbeda jika dibandingkan dengan reaksi terhadap gaya vertikal.
    lineofactionforce
    Sedangkan titik aplikasi bisa di gambarkan sebagai berikut dimana sebuah jembatan sederhana yang didukung oleh tumpuan kiri dan tumpuan kanan. Jika gaya yang bekerja posisinya dekat dengan tumpuan yang sebelah kiri (gaya direpresentasikan oleh garis penuh) maka kita dapat merasakan bahwa tumpuan yang kiri akan menerima gaya yang lebih besar dari tumpuan yang sebelah kanan. Sebaliknya jika gaya yang bekerja dekat dengan tumpuan yang sebelah kanan (gaya direpresentasikan oleh garis putus-putus) maka tumpuan sebelah kanan yang akan menerima gaya yang lebih besar. Disini terlihat bagaimana merubah titik aplikasi dari gaya merubah reaksi yang terjadi dari sistem struktur.
    pointofactionforce
    Momen
    Momen adalah besarnya tendensi dari suatu gaya untuk memutar suatu objek/benda terhadap suatu titik. Dalam bentuk skalar, besarnya momen adalah gaya dikali lengan momen yang merupakan jarak tegak lurus antara titik yang ditinjau dan garis kerja gayanya.  Gambar berikut mengilustrasikan sebuah moment.
     momen
    Jadi besarnya momen tergantung pada dua faktor, yaitu lengan momen dan gaya yang bekerja. Jika gaya yang bekerja besarnya tetap, maka besarnya momen akan berbanding lurus dengan lengan momen. Lengan momen besar, maka momen yang dihasilkan juga besar dan sebaliknya.
    Jadi jelas di sini bahwa dalam statika kita mempelajari analisis gaya-gaya, baik gaya-gaya yang bekerja maupun gaya-gaya dalam. Untuk menggeluti bidang teknik pada umumnya dan bidang tehnik sipil pada khususnya memerlukan latar belakang yang kuat dalam bidang fisika mekanika dan juga matematika. Selain itu juga diperlukan kreativitas yang tinggi sehingga memecahkan persoalan dan juga menghasilkan inovasi-inovasi dan/penemuan yang bermanfaat.