WELCOME IN RZS CYBER BLOG ┌П┐(︶へ︶ メ)

Wednesday, 13 February 2013

CARA MEMBUAT BATA MERAH

CARA MEMBUAT BATA MERAH

PERALATAN YANG DI PERGUNAKAN 
Peralatan yang di pergunakan untuk membuat batu merah sebagai berikut,''
-Alat cetak dari kayu atau besi.
- Bilah pembersih .
- Linggis.
- Bilah peralatan dari bambu.
- Ember.
- Cangkul.
- Sekop dan meja cetakan atau dingklik landasan.
- Tungku pembakar dan pupur ( pasir /debu ).
















BAHAN -BAHAN YANG DI PERLUKAN 
   Bahan yang di perlukan untuk membuat bata merah sebagai berikut ,''
    Bahan baku pembuatan batu bata merah adalah tanah dengan syarat- syarat: 
    - Kadar tanah liat 15 sampai 20 %.
    - Kadar campuran selain liat dan pasir tidak lebih 15mm/cm.
    - Kadar tanah campuran liat dan pasir 20 sampai dengan 65% .
    - Kadar air 25 sampai dengan 40 %.
Umumnya tanah semacam tersebut di atas terdapat di bawah sawah ,lereng-lereng bukit, tegalan dan pinggir-pinggir sungai atau saluran air. 
   Untuk mengkaji suatu tanah baik di gunakan sebagai bahan baku bata merah adalah membentuk menjadi pilihan dengan diameter kurang dari 1cm dan panjang 20 cm, kemudian di lingkarkan. 
Cara kerjanya,''
1. Lingkaran itu putus atau retak- retak  besar maka tanah tersebut tidak baik untuk bahan batu bata.
2. Dapat melingkar tanpa retak-retak besar,bahan tersebut dapat di gunakan sebagai bahan baku pembuatan batu bata.
 Catatan :
Bahan tersebut dapat menggunakan tanahnya sendiri. 






Tanah baik
Tanah rusak
















TATA CARA PEMBUATAN
PENGOLAHAN BAHAN BAKU/ TANAH LIAT 
 LANGKAH KE 1:
  Tanah yang di ambil dari lubang penggalian di siram dan di injak-injak samapai homogen bersatu dalam suatu tempat /bak.


LANGKAH KE 2:
  Tanah yang telah homogen bersatu di tempatkan di dekat tempat pencetakan dan di ambil sedikit dan di injak-injak hingga matang dan mengeluarkan minyak.                                                                     LANGKAH YANG KE 3:

 Setelah bahan baku matang ,maka bahan tersebut di kumpulkan dengan posisi menggunung dengan bagian bawah di ratakan dengan kaki dan pada seluruh permukaan nya di elus-elus dengan air guna menutup pori-pori nya sehingga aman terhadap hujan dan angin.




LANGKAH KE 4:
Kemudian tanah tersebut dibiarkan selama satu malam agar kematangan tanah benar-benar sempurna.



  TAHAP PENCETAKAN BATU BATA MERAH :
LANGKAH KE 1:
  Bahan baku (tanah) dan peralatan yang akan di gunakan dalam pembuatan batu bata di siapkan lebih dahulu.
 
 LANGKAH KE 2:
   Tanah yang akan di gunakan di gilas-gilas dan di bentuk bulatan-bulatan dengan ukuran 2 kali cetakan agar mudah menganbilnya.
 LANGKAH KE 3:
    Cetakan dan alasnya ( dingklik papan ) di basahi dengan air kemudian di taburkan pasir halus / debu di sekeliling cetakan tidak melekat pada alat cetakan. 
 LANGKAH KE 4:
   Bulatan /gumpalan tanah di ambil kemudian di banting ke arah cetakan dan di usahakan cetakan tidak bergeser dan tanah tidak berhamburan.
 LANGKAH KE 5:
   Selanjutnya lebihan tanah di atas cetakan di serut dengan bilah perata (peteng) ,pisau atau dapat juga dengan potongan sehingga permukaannya rata dan halus.
 LANGKAH KE 6:
   Cetakan di balik dan sambil mengetok-ketok bagian samping cetakan agar batu bata hasil cetakan akan tertinggal.
 LANGKAH KE 7 :
  Selanjutnya batu bata yang berada di atas papan di angkat dan di tempatkan di tempat pengeringan ,batu bata di tempatkan dengan posisi tebal dan panjang horizontal dengan tanah.
LANGKAH KE 8 :
   Batu bata di susun secara miring horizontal sejajar dan di biarkan selama dua hari sampai tiga hari ,hindari panas matahari secara langsung.




LANGKAH KE 9:
   Di susun lebih rapat lagi dengan jarak 2cm dan si susun berlapis -lapis hingga ketinggian kurang lebih 1meter ,pengeringan ini memakan waktu kurang lebih 10 hari.


LANGKAH KE 10:
   Pengeringan ini di lakukan sambil menunggu pembakaran ,di susun dalam pagar keliling atau di susun sejajar ke atas sebagai pengeringan ke atas ,susunan ini di maksudkan untuk mendapatkan angin dan penguapan.
  Untuk mengetahui kekeringan batu bata sebelum di bakar dapat di lakukan dengan cara mematahkan salah satu batu bata ,apabila permukaan patahan semua maka batu bata siap untuk di bakar.


PEMBAKARAN BATU BATA
  Untuk pembakaran batu bata di gunakan los tungku dan tungku bak dengan ukuran los tungku adalah 4x4x3 meterdan tungku bak adalah 3,5x 3,75 dan tebalnya 0,4 meter ,sehingga dapat menampung batu bata sebanyak 13,500.buah. Batu bata di susun sedemikian rupa dari tungku dilepo ,tetapi di taburi dengan pecahan-pecahan bata atau bongkahan-bongkahan tanah kecil dan sekam.
 Langkah selanjutnya adalah kayu di susun di mulut tungku, yang kecil di bawah yang  besar di bagian atas, penempatan nya berseling melintang dan membujur.
  Langkah kedua ,api di nyalakan dengan bantuan minyak tanah atau karet sisa sisa ban bekas selama 24 jam ,di usahakan api tetap di mulut tungku agar hawa panas dari api dapat menghilangkan kadar air di dalamnya bata secara perlahan-lahan ,asap yang keluar berwarna putih pekat adalah asap uap air dari batu bata. 
   Langkah ketiga , setelah +-40 jam ,asap putih semakin menipis dan berganti dengan asap hitam (asap kayu bakar) pada saat ini kayu bakar di masukkan dan di dorong ke dalam tungku.
   Langkah ke empat, un tuk menghemat kayu ,apabila batu bat belum seluruhnya matang dapat dengan cara menutup tungku bagian samping ,hal ini dapat mempertahankan suhu panas yang ada . 
TANDA -TANDA PEMBAKARAN BATU BATA BERAKHIR
   - Warna batu bata bagian atas menyerupai bagian bawah agak kemerah-merahan ,keluar lidah api pada bagian samping keluar asap putih kemerah- merahan.
   - Kayu bakar yang di gunakan telah habis ,sebagai petokan +- 1m3 kayu untuk membakar 1.000 buah batu bata.
   - Selagi api masih menyala ,mulut tungku jangn ditutup hal ini akan mengakibatkan batu bata merah yang di hasilkan berwarna hitam, mulut tungku boleh di tutup apabila hanya tinggal bara api saja.
    - Pendinginan batu bata secara perlahan-lahan +- 40jam dengan cara membiarkan nya ,pembongkaran  dapat di lakukan pada suhu +- 60 derajat celcius dan di mulai dari samping atas atau bagian mulut tungku ke bawah secara perlahan -lahan dan hati-hati supaya terhindar dari pecah dan patah ,batu bata yang telah di bongkar ,di hitung dan di susun di pinggir jalan agar mudah dalam pengangkutan.
Description: CARA MEMBUAT BATA MERAH Rating: 4.5 Reviewer: Ruben Zenery Siagian - ItemReviewed: CARA MEMBUAT BATA MERAH

Artikel Terkait:

Reactions:

1 comments: